Beberapa waktu yang lalu, tim Rowcell update story di Instagram bahwa website Rowcell sudah mengaktifkan SSL sehingga urlnya diakses dengan HTTPS. Tim Rowcell juga menuliskan beberapa kelebihan SSL ini yaitu:

  • Load website lebih cepat
  • Website lebih secure
  • Rate SEO lebih baik
  • Biasanya sertifikat SSL berbayar
  • Biasanya untuk aktivasi, perlu dokumen legalitas perusahaan

Apakah benar? Apakah hanya itu?

Load Website Lebih Cepat

SSL meningkatkan kecepatan proses transfer data dalam website. HTTPS memodifikasi bagaimana data diformat sehingga otomatis dapat mengurangi volume data yang akan dikirimkan.

Dibandingkan HTTP yang menggunakan koneksi sejumlah file yang dikirimkan, HTTPS membutuhkan satu koneksi saja untuk transmisi data antara browser dan server website. Hal ini menjadikan file bisa dikirimkan secara paralel dari dan ke dua arah.

Website Lebih Secure

Apa yang dimaksud dengan secure/ aman? Informasi yang dikirimkan dalam website tidak dapat disadap oleh perantara apapun sehingga hacker tidak bisa mengakses data dalam website.

Hacker membajak komunikasi dalam website yang tidak terlindungi sehingga pengunjung tidak tahu telah memberikan data pentingnya. Hacker juga bisa memasang malware atau menyisipkan iklan ke dalam script website.

Pembajakan bisa terjadi di berbagai titik dalam jaringan seperti laptop/ handphone pengunjung, hotspot Wi-Fi/ ISP atau titik lain yang digunakan selama proses transfer data.

Dengan HTTPS yang mengenkripsi data sebelum data dikirimkan maka tidak ada gangguan dari luar yang dapat mengakses data di dalamnya termasuk hacker. Otomatis dengan begitu maka website menjadi lebih aman bagi pengguna.

Rate SEO Lebih Baik

Diambil dari blog Webmaster Google, berikut apa kata tim Analis Tren Webmaster Google.

Sumber screenshot:
https://webmasters.googleblog.com/2014/08/https-as-ranking-signal.html

Keamanan adalah prioritas terpenting bagi Google. Kami banyak berinvestasi dalam memastikan layanan kami menggunakan keamanan terkemuka seperti enkripsi HTTPS yang baik. Hal ini berarti bahwa orang-orang yang menggunakan Pencarian Google, Gmail dan Drive, sebagai contoh, secara otomatis memiliki koneksi yang aman.”

Penggunaan SSL yang menjadikan website lebih aman dinilai positif oleh mesin pencari seperti Google, sehingga website memiliki posisi yang lebih baik dalam SEO.

Biasanya Sertifikat SSL Berbayar

Mengapa “biasanya”? Umumnya layanan sertifikat SSL berbayar. Namun ternyata ada juga layanan sertifikat SSL tidak berbayar. Salah satunya adalah Let’s Encrypt.

Dikutip dari website letsencrypt.org, “Let’s Encrypt adalah otoritas sertifikat gratis, otomatis dan terbuka yang dijalankan untuk keuntungan masyarakat umu. Layanan ini disediakan oleh Internet Security Research Group atau ISRG. Kami memberikan sertifikat digital yang dibutuhkan untuk mengaktifkan HTTPS (SSL/ TLS) untuk website secara gratis dengan cara yang paling mudah digunakan yang bisa kami lakukan. Kami melakukannya karena kami ingin menciptakan jaringan web yang lebih aman dan menghormati privasi.

Apa kelebihan Let’s Encrypt?

  • Gratis, siapapun yang memiliki domain bisa menggunakan Let’s Encrypt secara gratis
  • Otomatis, Let’s Encrypt berlaku selama 90 hari dan akan otomatis melakukan renewal
  • Aman, Let’s Encrypt bertindak sebagai platform untuk mengoptimalkan best practice TLS untuk mengamankan server yang digunakan
  • Transparan, masalah-masalah sertifikat yang muncul didokumentasikan secara publik dan bisa dilihat oleh siapapun
  • Terbuka, protokol penerbitan dan renewal otomatis dipublikasikan sebagai standar yang bisa diadopsi oleh yang lain.
  • Kooperatif, seperti protokol internet sendiri, Let’s Encrypt adalah upaya bersama yang dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, di luar kendari organisasi mana pun.

Biasanya Perlu Dokumen Legalitas

Mengapa “biasanya” lagi? Umumnya untuk menggunakan layanan SSL, perlu dilampirkan dokumen legalitas perusahaan seperti SIUP. Di antara persyaratan umum SSL Greenbar antara lain:

  • Perusahaan telah terdaftar di YellowPages.co.id dan ahu.go.id
  • Memiliki legalitas usaha seperti SIUP
  • Akan dilakukan verifikasi via telepon
  • Akan dilakukan validasi domain website

Namun ternyata bisa juga menggunakan SSL untuk website yang tidak memenuhi persyaratan di atas, meskipun SSLnya tanpa greenbar. Salah satunya dengan SSL Let’s Encrypt seperti yang sudah dijelaskan bahwa SSL ini bisa digunakan oleh domain apapun.

Jadi apakah Anda harus menggunakan SSL?

Dengan berbagai kelebihan SSL yang telah dijelaskan, Anda bisa memilih apakah akan mengaktifkan sertifikat SSL pada website Anda atau tidak. Sebagai rekap, SSL bisa membuat website Anda:

  • lebih aman dari gangguan hacker, malware dan iklan yang tidak seharusnya
  • dengan data yang terlebih dahulu dienkripsi dan hanya menggunakan 1 koneksi maka website Anda menjadi lebih cepat
  • keamanan dan kecepatan adalah 2 hal yang diperhatikan oleh mesin pencari sehingga semakin aman dan semakin cepat website, maka semakin baik nilai website dalam SEO

Terakhir, jika Anda merasa kesulitan melakukan aktivasi SSL pada website Anda, hubungi kami untuk membantu Anda melindungi website Anda.

Bagikan kepada orang yang menurut Anda perlu mengetahui informasi ini: